Kanker serviks merupakan salah satu momok menakutkan bagi setiap wanita. Kanker serviks masuk pada level mengerikan. Kanker yang menyerang leher rahim wanita ini menjadi pembunuh wanita nomor satu.

Kanker serviks atau kanker leher rahim merenggut banyak jiwa karena ketidak tahuan. Penderita rata-rata memeriksakan diri pada dokter ketika dia sudah memasuki stadium lebih lanjut.

Jika kanker jenis ini diperiksa dan diketahui sejak dini, maka bisa segera diobati. Untuk melakukan hal tersebut, seseorang harus harus sangat peka terhadap gejala-gejala yang mungkin terjadi pada stadium awal.

Gejala-gejala pada kanker serviks

  • Keputihan

Keputihan merupakan hal wajar yang normal terjadi pada wanita. Namun, jika seorang wanita mengalami keputihan yang tidak normal, baik itu jenisnya dan juga durasinya, maka harus segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Pendarahan

Pendarahan yang normal pada wanita adalah ketika dia sedang menstruasi dan ketika pertama kali melakukan hubungan intim. Namun, jika penderahan terjadi bukan pada dua waktu tersebut, maka harus segera memeriksakan diri.

  • Pelvis terasa nyeri

Rasa nyeri yang menjalar di bagian pelvis merupakan salah satu gejala kanker serviks. Meskipun, seorang wanita tidak sedang mengalami menstruasi.

  • Nyeri saat kencing

Saluran kencing bisa menjadi salah satu organ tubuh yang akan dijalari oleh kanker ini. Jika kanker sudah menjalar ke saluran kencing. Maka akan terjadi rasa nyeri pada bagian ini.

Pencegahan pada kanker serviks

Kanker serviks disebabkan oleh jenis virus HPV. Kanker ini bisa dicegah dengan diberikan vaksin HPV. Disamping itu, pemeriksaan papsmear harus dilakukan secara berkala. Hal ini penting untuk mengetahui secara dini, jika ada lesi yang menunjukan gejala awal terjadinya kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *